oleh

Melestarikan Budaya Santri

Oleh : Subliyanto

Hari Santri Nasional (HSN) sudah berlalu. Namun demikian budaya santri jangan juga ikut berlalu. Tradisi santri harus tetap terlestari sebagai cermin identitas diri sebagai santri.

Santri merupakan generasi ulama’, dimana hari-harinya dihiasi ilmu. Tugas dan perannya sebagai penunut ilmu, penyebar ilmu, serta pengemban amanah dakwah untuk kemashalahatan ummat, yang semuanya dicerminkan dengan akhlak yang baik.

Hal itu merupakan pengamalan dari tugas utama manusia di muka bumi, yaitu sebagai ‘abdullah dan khlifatullah. Sebagai ‘abdullah secara sederhana bermakna sebagai ahli ibadah, artinya bagaimana agar manusia menjadi orang yang baik, yang senantiasa beribadah kepada Allah sesuai dengan konsep dan tuntunan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Allah SWT. berfirman :

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa”. (QS. al-Baqarah : 21)

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di menyatakan bahwa perintah dalam ayat ini bersifat umum untuk seluruh manusia. Sifat perintahnya sendiri umum yaitu untuk beribadah dengan segala bentuk ibadah, yaitu melaksanakan semua yang diperintahkanNya dan menjauhi yang dilarangNya serta membenarkan kabar-kabarnya.

Komentar

Terbaru