oleh

Mencintai Rasulullah Secara Hakiki

Oleh : Subliyanto

Dalam kalender Hijriyah, bulan ini adalah bulan Rabi’ul Awwal, atau yang kerap disebut dengan bulan maulid. Disebut demikian karena dalam sejarah, bulan Rabi’ul Awwal merupakan bulan kelahiran Nabiyullah Muhammad SAW. Sehingga sebagian ummat Islam merayakannya dengan beragam desain kegiatan sebagai bentuk syukur dan kecintaannya kepada baginda Muhammad SAW.

Namun demikian juga tidak dinafikan adanya sebagian yang lainnya memperdebatkannya. Berlepas diri dari debatible bab perayaan tersebut, yang tak kalah penting dari semuanya adalah bagaimana agar kita sebagai ummat Muhammad SAW. senantiasa mencintainya dengan mengikuti segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya serta mengikuti sunnah-sunnahnya.

Mencintai Rasulullah Muhammad SAW. merupakan hal yang sangat penting untuk senantiasa terpatri dalam hati sanubari. Karena beliaulah yang memberikan arahan dan bimbingan menuju jalan yang benar. Hal demikian juga perlu kita ajarkan kepada putra-putri kita agar bagaimana Muhammad SAW. senantiasa menjadi idola dalam hidupnya. Karena beliaulah sebaik-baiknya tauladan bagi manusia dalam segala aspek kehidupannya.

Secara umum, dalam jiwa manusia, khusunya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, cenderung untuk mengidolakan kepribadian sosok yang berada di sekitarnya. Dan hal ini mendorong anak untuk meneladani sang idola, berjalan sesuai petunjuknya, dan menirukan segala gerak-geriknya.

Maka dalam konsep pendidikan Islam, mengajarkan agar mengikat anak dan orang dewasa dengan pribadi Rasulullah Muhammad SAW. Karena beliaulah tokoh dan idola yang paling layak untuk diikuti dan ditiru dalam segala aspek hidup dan kehidupan. Apalagi kita hidup di zaman yang penuh dengan tantangan di segala aspek sosial kehidupan saat ini, terlebih tantangan dalam tatanan moral dan pola berpikir generasi bangsa yang sudah jauh dari “Manhaj an-Nubuwah”.

Komentar

Terbaru